Evaluasi Penilaian Kampung Hijau 2017

nit 23 September 2017 17:03:33 WIB

Serentetan penilaian mengenai kampung hijau oleh Tim Penilai DIY telah dilakukan di wilayah Desa Baleharjo khususnya padukuhan Rejosari Rabu 20 September 2017.
Padukuhan ini yang ditunjuk sebagai lokasi wakil Kabupaten Gunungkidul.
Tim penilai diterima langsung oleh Kabid Lingkungan Hidup bersama Camat Wonosari, Kepala Desa berikut lembaga desanya dengan lokasi awal rumah adat milik Ibu Saniyem di Rejosari RT 03/04 dengan disuguh langsung oleh paduan suara dengan lagu kampung hijaunya.
Setelah dilaksanakan paparan singkat mengenai potensi dan kondisi padukuhan oleh B Wibawa selaku Dukuh, Tim melanjutkan verifikasi lapangan dengan didampingi beberapa unsur yang terkait, mulai dari penataan pekarangannya, budaya adat, kelengkapan prasarana, sanitasi sampai dengan perilaku masyarakat dan juga keagamaan.
Dari serangkaian penilaian ada beberapa evaluasi yang disampaikan oleh Tim yakni masih ditemukannya pembuangan limbah rumah tangga yang terbuka, lokasi kandang ada yang terlalu dekat dengan rumah tinggal juga masih ditemukan warga yang melakukan pembakaran sampah.
Dari evaluasi ini sebagai bahan kajian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemangku kebijakan guna peningkatan taraf kesehatan dan pelestarian alam/lingkungan.
Penilaian ini sebagai moment penyadaran dan sumber informasi akan arti pentingnya perilaku sehat dan membuat lokasi tempat tinggal sebagai lokasi yang bersih, aman, rapi, indah dan nyaman dengan sikap kekeluargaan yang guyub dan rukun.(iput)

Komentar atas Evaluasi Penilaian Kampung Hijau 2017

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar