Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat

nit 28 April 2017 17:51:01 WIB

Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat banyak cara yang ditempuh oleh berbagai unsur baik pemerintah, kelompok maupun masyarakat sendiri.

Ini semua berjalan tidak hanya bergantung pada pendanaan, tanpa pendanaanpun masyarakat bisa mengupayakan pola perilaku sehat di lingkungannya.

Semua unsur terkait harus peka dan responsive terhadap gejala yang muncul, sehingga ada keterlibatan dimana didalamnya ada keterkaitan dan saling menopang guna terwujudnya masyarakat sehat.

Salah satu bentuk diantaranya diadakan pelatihan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Wonosari II dengan menjadikan Padukuhan Purwosari Desa Baleharjo sebagai padukuhan sample terbentuknya masyarakat yang berdaya dalam kesehatan.

Pelatihan ini diadakan selama 3 hari berturut turut dari tanggal 26-28 April 2017 dengan dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Bapak Arif Budianto.

Adapun peserta meliputi unsur Kepala desa, PKK, Pengurus desa siaga, ketua kelembagaan desa,dukuh,,RW, RT,dan semua kader kesehatan di padukuhan sample, dengan materi pelatihan yang banyak diantaranya mengenai promkes, gizi, KIA, kesling, kesehatan remaja, dan praktek pengukuran serta pembuatan MP ASi.

Diharapkan dari pelatihan ini, petugas dan pemangku wilayah peka dan tanggap serta cepat mengetahui gejala yang timbul yang menyangkut kesehatan sampai dengan penanganan dan pencegahannya.

Perilaku sehat harus diterapkan dan dibiasakan dari sedini mungkin sehingga masyarakat akan terbiasa dan selalu sehat baik jiwa dan fisiknya sehingga kesejahteraan dan harapan usia hidup akan meningkat.

Guna menunjang itu semua, dalam APBDes juga telah dianggarkan sebagai bentuk kepedulian tentang arti penting dari sehat itu sendiri. (iput)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar